P3M STAI DR KHEZ Muttaqien Gelar SEMDIS

Pusat Penelitian dan pengabdian Masyarakat (P3M) STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta selenggarakan Seminar dan Diskusi (SEMDIS) Virtual Meeting secara Daring (dalam jaringan) alias online, Kamis (7/05). Seminar dan diskusi (SEMDIS) tersebut mengangkat topik Publikasi Jurnal Ilmiah.

Menurut Ketua P3M STAI DR. KHEZ. Mutatqien, Muhamad Ridwan Effendi, Kegiatan SEMDIS ini bertujuan untuk mendorong lahirnya karya tulis ilmiah yang terpublikasikan dalam berbagai jurnal bereputasi seperti Moraref, Garuda, SINTA atau bahkan Scopus sekalipun. Lebih lanjut beliau sampaikan kegiatan ini juga sekaligus mensosialisasikan Surat Edaran Kemristek-Dikti Nomor: B/ 323/ B.B1/ SE/ 2019 tentang Wajib Publikasi Karya Ilmiah Bagi Program Sarjana, Magister dan Doktoral yang mulai diterapkan pada lulusan tahun 2020 ini.

Kegiatan SEMDIS ini disambut antusias oleh para peserta terbukti dengan banyaknya mahasiswa S1 dan mahasiswa S2 serta Dosen STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta yang hadir, bahkan selain dari internal sivitas STAI DR KHEZ Muttaqien, hadir juga peserta dari luar kampus seperti Dosen-dosen dari IAIN Surakarta STAIMA Banjar, STKIP NU Tegal.

Pada seminar dan diskusi tersebut panitia menghadirkan narasumber Dr. Imam Tabroni, M.Pd.I selaku Ketua STAI DR KHEZ Muttaqien dan Dr. Firman Nugraha, M.Ag. selaku pengelola Jurnal Tatar Pasundan dan reviewer jurnal nasional dari Balitbang Kemenag Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan SEMDIS ini, narasumber memetakan bagaimana teknik agar artikel jurnal setiap Author (penulis) dapat masuk dan diterima sesuai kriteria jurnal yang di submitnya. Bahkan narasumber lebih jauh menegaskan lagi agar pengembangan keilmuan dapat disalurkan melalui artikel jurnal dengan harapan dapat bermanfaat dan mudah di akses bagi masyarakat luas sesuai dengan semangat era disrupsi ini.[dsp]

Leave a Reply