Menerima Kegagalan dengan Sepenuh Hati

Oleh: Mia Amelia Solihin, Mahasiswi Prodi KPI

Definisi kegagalan adalah suatu hal yang tertunda nya sebuah dasar dalam mimpi, sebuah perencanaan yang kita rancang dengan step by step. Setiap manusia itu memiliki perencanaan dan penyusunan rencana mimpinya mereka masing-masing, memang tak mudah dari awal perencanaan yang kita buat dengan menggunakan metode eksperimen sedemikian rupa dengan mengorbankan waktu pikiran dan raga, sebenarnya gagal itu merupakan salah satu bahan baku dalam sebuah proses keberhasilan. Ketika kita gagal, itu merupakan salah satu bentuk sebagi clue

“Apa yang saya harus lakukan untuk berikut nya” sometimes memang tak mudah untuk menerima dalam rasa gagal itu, seperti dunia terasa hampa dan bahkan merasa bahwa jadi manusia itu gak berguna untuk hidup. Bahkan lebih merasa gagal jadi seperti manusia Seutuhnya. Kadang untuk meringankan beban gagal itu ya salah satu nya adalah menceritakan kepada orang yang tau permasalahan yang terjadi dan dia yang lebih paham dan mengerti diri kita, tetapi sebenarnya tidak juga orang lain atau bahkan teman dekat kita tau bahwa ada suatu hal yang tidak baik-baik saja dengan kondisi dan situasi yang kita alami.

Alangkah lebih baik merayakan kegagalan itu adalah dengan berdiskusi dan berdamai dengan diri sendiri krna rasa sakit kegagalan depresi dan stres mu mengalir itu cuman kamu yang tau dan tuhan mu lah yang lebih paham soal diri kamu sendiri melebihi makhluk nya, otoritas jiwa dan raga mu adalah cuman kamu dan tuhan mu lah yang lebih mengetahuinya. Ada yang bilang bahwa orang yang gak pernah nangis soal apapun itu adalah orang yang kuat dan dewasa, padahal hanya saja mereka lah orang orang yang terbiasa dengan kondisi lingkungan dan situasi yang terjadi. Dan mereka lah orang yang terbaik dalam manipulatif untuk orang lain bahwa mereka lah makhluk yang lemah dan tidak di tunjukkan kepada semua orang. Karena hanya saja yang kita tau dan merasakan dengan hati yang terluka bahwa kita ini gagal.

Suatu ketika bunda pernah bilang kepadaku bahwa semakin orang itu berada di atas maka akan semakin datang angin yang berhembus kencang, ketika kita tidak ada pondasi dan tidak bisa berpegang erat maka saat itu angin kencang akan menjatuhkan kita.

Untuk melakukan sesuatu hal saat ini ketika kita gagal adalah merayakan hari kegagalan bersama tuhan mu dan memulai lah untuk mengkorelasikan perencanaan awal yang kita buat dengan menggunakan strategi baru yang kita lakukan untuk kedepannya.

Jadi janganlah menyalahkan diri sendiri bahkan kepada orang lain dan kondisi apapun. ketika kita merasa gagal dalam suatu hal bukan berarti itu semua adalah salah kita.

Tentang suatu kegagalan itu bukan bersifat absolut dan bersifat suatu hal yang fatal hanya saja gagal itu adalah sebuah proses perjalanan dalam keberhasilan dan koreksi terhadap kegiatan keberhasilan yang sedang berkembang. Tetap lah terus berjalan dan selalu bersyukur atas apa segala yang kita lakukan untuk kedepannya.

Tenang ketika kita sudah melakukan sesuatu yang kita inginkan bukan berarti ketika kita gagal pada akhirnya kita tidak bisa mendapatkan apa yg kita lakukan, serahkan lah semua nya kepada semesta karna bukan kita aja kok yang bisa mensupport untuk diri sendiri tetapi tuhan mu lah juga sebagai pemeran utamanya dan kamu adalah tokoh spesial di dalam sebuah bab cerita perjalanan mimpi itu.

Jadi tetap menjadi diri sendiri dalam kondisi apapun ya dan tetap tersenyum. Besok kita coba lagi.

#nevergiveup #semangat#youneverbealoneMenerima kegagalan dengan sepenuh hati.

Leave a Reply