Tiga Jurnal STAI DR KHEZ Muttaqien Ber ISSN

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, STAI DR KHEZ Muttaqien berkomitmen untuk merealisasikan layanan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sarana untuk mewujudkan komitmen tersebut salah satunya dengan menerbitkan hasil penelitian civitas akademik STAI DR KHEZ Muttaqien melalui Jurnal Online (E-Jurnal)

STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta sampai saat ini sudah memiliki 3 jurnal online yaitu Muttaqin (Jurnal Multi Disiplin Studi Islam), Paedagogie (Jurnal Pendidikan dan Studi Islam) dan Kalamuna (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban.

Menurut Muhamad Ridwan Effendi, M.Ud Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta periode 2019-2023, Junral ini sebagia wadah publikasi bagai mahasiswa dan Dosen STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, disamping untuk internal, jurnal ini juga menerima artikel dari luar STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta.

Ridwan Menjelaskan Pubikasi di jurnal ilmiah saat ini menjadi sangat penting setelah adanya persyaratan kelulusan bagi mahasiswa program sarjana, magister dan doktor berdasarkan permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Surat Edaran nomor B/565/B.B1/HK.01.01/2019 tentang publikasi karya ilmiah mahasiswa Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta menyambut baik kebijakan tersebut dengan membentuk jurnal ilmiah baik versi cetak maupun elektronik berupa Open Journal System (OJS) yaitu jurnal Paedagogie, Muttaqien dan Kalamuna. Ketiganya kini sudah memiliki ISSN (cetak da elektronik) dan sudah terindeks google scholar serta saat ini sedang proses indexing DOAJ, Garuda, Moaref dan Crossref (DOI) sebagai salah satu syarat dalam akreditasi jurnal SINTA di Kemristkbrin RI.

Tentu bukan hal yang mudah, agar jurnal ini memiliki “nyawa”, perlu ada langkah-langkah strategis dalam mewujudkan agar ketiga jurnal di STAI DR. KHEZ. Muttaqien ini dapat menjadi jurnal bereputasi di tingkat nasional dan mampu bersaing dengan jurnal-jurnal ilmiah lainnya, salah satunya adalah mendorong civitas akademika STAI DR. KHEZ. Muttaqien, dalam pembelajarannya agar dapat melakuan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa baik internal maupun eksternal untuk mempublikasikan hasil penelitian atau pengabdiannya di jurnal ini. Tentunya ini perlu ada keselarasan pemahaman dari berbagai pihak. Pungkas Kandidat Doktor Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah menyelesaikan Sidang Tertutup

Untuk diketahui, Ketiga Jurnal tersebu telah ber ISSN (Internasional Standard Serial Number) berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Nasional ISSN Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Adapun Surat Keputusan tersebut sebagai berikut:  Jurnal Paedagogie SK nomor 0005.27235971/JI.3.1/SK.ISSN/2020.08 perihal SK Penerbitan ISSN no 2723-5971, Jurnal Muttaqien SK nomor 0005.27235963/JI.3.1/SK.ISSN/2020.08 perihal SK Penerbitan ISSN no 2723-5963 dan Jurnal Kalamuna SK nomor 0005.2745693/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09 perihal SK Penerbitan ISSN no 2745-6943. [DSP]

Leave a Reply