Prodi PBA STAI Muttaqien resmi bergabung dalam PP-PBA Indonesia

STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta memiliki 6 program studi Srata-1 (S1) dan satu Progam Studi Strata-2 (S2). Keenam Prodi S1 tersebut adalah Pogram Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ahwal al syakhshiyyah (AS), Ekonomi Syari’ah (EKOS), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sementara jejang S2 tersedia program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling Islam.

Salah satu dari 6 program studi S1 yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) kini secara syah telah bergabung dengan Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) Indonesia. Bergabungnya Prodi PBA STAI DR KHEZ Muttaqien dengan PP-PBA Indonesia tercantum dalam Piagam Keanggotaan nomor 24/X/44/PPPBA/2020 tanggal 28 Oktober 2020 yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Jenderal Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) Indonesia.

Dihubungi melalui WhatsApp (31/10), Ketua program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, Taufik Lutfi, M.Pd.I mengatakan bahwa terbitnya piagam ini merupakan tindaklanjut setelah dirinya dilantik sebagai Pengurus Pusat Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) periode 2019-2023.

Prodi PBA STAI DR KHEZ muttaqien mendapatkan pengakuan keanggotaan dari PP-PBA dibawah naungan ImLA ittihad mudarris lughah al arabiyah. Masukya Prodi PBA ke PP-PBA ini merupakan peluang besar bagi  STAI DR KHEZ muttaqien, khususnya Prodi PBA dalam mengembangkan kualitas tri darma perguruan tinggi termasuk bisa menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam mengembangkankan metodogi pembelajaran bahasa arab atau  kegiatan kegiatan yang menunjang untuk profesionalisme guru pendidikan bahasa arab dan aspek lain yang berhubungan dengan bahasa arab.

Di tempat terpisah, Ketua STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta, Dr. Imam Tabroni, M.Pd.I sampaikan ucapan syukur Alhamdulillah Prodi Pendidikan Bahasa Arab kali ini sudah menjadi keanggotaan yang sah yang disebut sebagai Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA Indonesia).

Bergabung prodi PBA dengnan PP-PBA Indonesia ikhtiar civitas akademika STAI DR KHEZ Muttaqien Purwakarta dalam meningkatkan mutu. “ini merupakan upaya STAI Dr KHEZ Muttaqien untuk meningkatkan mutu program studi yang ada di kami. Kami berharap dengan masuknya prodi PBA dalam perkumpulan ini memberikan angin segar untuk peningkatan mutu prodi PBA. Ke depan seluruh prodi kita harapkan untuk masuk dalam asosiasi atau perkumpulan lainnya yang dapat mendorong peningkatan mutu yang kemudian akan berkorelasi pada peningkatan nilai akreditasi.”.Pungkas Imam [DSP/ADK]

Leave a Reply