TAARUF 2021 MAHASISWA STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

Sebelumnya. “Perbedaan antara ta’aruf sekarang dengan ta’aruf lalu itu zaman waktu akang biasanya dikelompokkan sekampus itu kadang ada beberapa jurusan. Jadi, bagusnya itu yaitu untuk menambah solidaritas di jurusannya khususnya agar kampus bisa lebih baik lagi”, ucap Rifal.

Kegiatan Ta’aruf STAI 2021 tersebut, dihadiri oleh mahasiswa baru kurang lebih 200 orang dan kegiatan tersebut juga merupakan bentuk peningkatan solidaritas antar mahasiswa di masing-masing Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta, telah menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) atau biasa dikenal sebagai Ta’aruf di Graha Vidya Jatiluhur, Purwakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari satu malam, terhitung dari tanggal 24 sampai 25 September 2021.

Dr. Imam Tabroni, M.Pd selaku Ketua STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, memamparkan beberapa hal penting tentang para mahasiswa baru terkait kegiatan pengenalan lingkungan kampus (Ta’aruf).

“Ta’aruf di STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta, tahun 2021 – 2022 itu harus berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) di Kementerian Agama, bahwa mereka harus diberikan pengenalan akademik yang yang komprehensif salah satunya adalah tentang wawasan kebangsaan. Bagaimana mahasiswa harus mampu mengimplementasikan empat pilar kenegaraan, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI ini harus membumi di mahasiswa, jangan sampai mahasiswa ketika masuk perguruan tinggi itu menjadi serpihan-serpihan ekstrimis yang berkembang biak. Oleh karena itu, mereka diberikan informasi tentang pemahaman keislaman yang moderat, yang sesuai dengan amanat dari Kementrian Agama dan Islam kita. Yang kedua, dikenalkan dengan dunia baru yaitu dunia perguruan tinggi, mereka tentu akan berbeda situasi kondisinya dulu di SLTA/SMA/MA/SMK dengan sekarang, yang betul-betul manajerialnya mereka sendiri dalam menentukan waktu kapan belajar menulis. Karena mereka tidak hanya dituntut untuk mendengarkan saja, tetapi meneliti, kemudian juga berdiskusi dengan teman-temannya, ikut organisasi internal, eksternal dan lain sebagainya. Ini juga kita sampaikan kepada mereka agar nanti siap mengarungi ajaran baru 2021-2022”, Ucap Imam.

Ia pun menambahkan, visi dan misi dari STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, yang mana sangat penting bagi para mahasiswa dalam melaksanakan jenjang perkuliahan. Dan pastinya, akan dibutuhkan dalam melangkah ke jenjang yang berikutnya.

“Selain itu, saya pribadi sebagai ketua STAI, menyampaikan visi dan misi yaitu pentingnya literasi data, teknologi dan manusia berperspektif Islam, bagaimana data, teknologi dan manusia itu sudah satu satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan harus diimplementasikan dalam prodi-prodi yang ada di kita, baik prodi PAI, PBA, PIAUD, KPI,  Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syariah itu semuanya harus mengacu pada literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Ketiga literasi ini membumi di masing-masing prodi, sehingga alumni-alumni kita nanti para mahasiswa ini ketika mereka sudah mengikuti proses perkuliahan di kita dengan sebaran mata kuliah yang sudah ditentukan, maka outputnya itu mereka itu ahli di bidang keilmuan Prodi masing-masing tetapi juga mereka menguasai basis data keilmuan, teknologi yang terintegrasi dengan keilmuan dan literasi manusia yang terintegrasi dengan keilmuan prodi semuanya. Dan, ini untuk menantang dan juga bagaimana mereka bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi dunia sekarang. Maka, penguasaan data, penguasaan teknologi dan manusia (humanities/kemanusiaan) harus dimiliki oleh alumni alumni kita. Oleh karena itu, dalam ta’aruf kemarin disampaikan tiga hal urgent tadi, agar bisa kita bisa bersaing, bisa betul-betul dibutuhkan oleh instansi tertentu, lembaga tertentu, baik pemerintah maupun swasta, bahkan di beberapa perusahaan perusahaan, tambahnya.

Dr. Surya Hadi Dharma, M.Ud, selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan, menyampaikan informasi penting tentang tujuan dan harapan mahasiswa baru kelak terkait kegiatan ta’aruf ini.

“Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di lingkungan STAI DR. KH. EZ. Muttaqien dikenal dengan istilah Ta’aruf, kegiatan ini merupakan awal calon mahasiswa baru mengenal seputar visi misi institusi maupun prodi, akademik, keuangan, dan organisasi kemahasiswaan. Tentu kami berharap besar, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk beradaptasi dan berproses dalam mengembangkan monat dan bakat yang dimiliki mahasiswa.” Ucapnya kepada wartawan kami.

Rifal selaku Ketua Pelaksana Ta’aruf  STAI 2021, mengatakan bahwa ta’aruf  ini berbeda dari ta’aruf jurusan guna mencapai hasil yang lebih baik lagi.

“Harapan saya dikarenakan ta’aruf sekarang itu karena bentuknya jurusan, jadi kedekatan antar mahasiswa sejurusan itu lebih akrab, lebih bisa menarik dan lebih bisa meramaikan di jurusannya agar tidak terjadi kecanggungan dan bisa membawa nama kampus lebih bagus dan baik lagi”, tambahnya.

Kegiatan ta’aruf ini juga bukan pertama kalinya diselenggarakan di luar kampus, Supriatna selaku Wakil Presiden Mahasiwa mengatakan bahwa kegiatan ini bukan kali pertama dilaksanakan di luar kampus. “Ini merupakan agenda (yang) memang tidak menentu, kadang di kampus, kadang di luar. Tergantung daripada kondisi dan situasi yang berlaku.”, ujar Supriatna. “Ta’aruf sebelumnya juga diadakan via online full, selama tiga hari dibekali materi online, terus hari terakhirnya orientasi jurusan tapi letaknya di kampus dikarenakan pas tahun kemarin itu covid sedang naik-naiknya. Dan kami memutuskan untuk melaksanakan ta’aruf di kampus”, tambahnya.

Kegiatan ini, merupakan agenda rutin yang biasa diselenggarakan untuk calon mahasiswa baru, yang mana kegiatan tersebut menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berlaku. Adapun antusiasme dari peserta ta’aruf ini bisa dikatakan cukup tinggi dibanding dengan sebelumnya.

“Ta’aruf hari ini rame banget, seru, banyak pelajaran yang bisa saya terima begitu. Kayak pelajaran yang belum saya lalui, saya dapat disini”, “Harapan saya, STAI Muttaqien makin jaya, maju dan terus saya mendapatkan ilmu yang lebih banyak dari sebelum-sebelumnya”, demikian ucap salah satu peserta ta’aruf. {DTR}

Leave a Reply