STAI Muttaqien Siap Dorong Publikasi Penelitian Ilmiah dan Karya Inovatif Dosen dan Mahasiswa

Pasca asesmen lapangan (AL) yang dilaksanakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) RI beberapa waktu lalu, STAI DR.KH.EZ.Muttaqien Purwakarta kembali meraih predikat sebagai perguruan tinggi yang sudah terakreditasi sesuai dengan 9 (sembilan) standar yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Tetntunya raihan predikat tersebut sangat membanggakan, karena STAI DR.KH.EZ.Muttaqien masuk jajaran perguruan tinggi keagamaan Islam swasta yang mampu melewati tahapan proses akreditasi dengan 9 (sembilan) standar mulai dari Assesmen Kecukupan (AK) dan Assesmen Lapangan (AL) dengan menunjukkan kualitasnya terutama pada aspek publikasi penelitian dan karya inovasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswanya.

Ketua STAI Muttaqien, Imam Tabroni mengapresiasi atas prestasi yang telah ditorehkan oleh sivitas STAI Muttaqien, karena tidak sedikit beberapa peguruan tinggi keagamaan Islam swasta yang ada di Indonesia merasa cukup berat dan terbebani dengan 9 (sembilan) Kriteria akreditas yang telah ditetapkan BAN-PT RI.

“Mempertahankan tentunya akan lebih sulit daripada meraihnya,  untuk itu kami akan terus memberikan dukungan penuh dan turut STAI Muttaqien, agar terus meningkatkan prestasi, sehingga keberadaannya dapat terus dirasakan manfaatnya, baik oleh masyarakat maupun industri,” ucapnya.


Keberhasilan STAI Muttaqien tersebut, tentunya buah dari konsistensi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas layanan. Mulai dari peningkatan kualitas dosen, kualitas pendidikan, melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, mendorong publikasi penelitian ilmiah dan karya inovatif dosen, mahasiswa dan sebagainya.


Seperti yang diungkap oleh kepala Pusat penelitiand an Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Muhamad Ridwan Effendi, “Kami akan mendorong STAI Muttaqien untuk banyak telibat dalam menghasilkan karya-karya inovatif yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan bangsa, melalui kompetensi yang dimilikinya,” jelasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata dia STAI Muttaqien telah mencatatkan publikasi produk (Luaran) dosen dan mahasiswa pada tahun 2020/2021 dengan total ada 38 produk dengan rincian 9 buku, 14 HKI, 15 jurnal/prosiding dari jumlah 42 dosen yang telah berkolaborasi. Jumlah ini meningkat lebih tinggi dari tahun 2019/2020 yang hanya 20 produk dengan rincian 2 buku, 3 HKI, 15 jurnal dari jumlah 15 dosen yang telah berkolaborasi. Tentunya harapan kami semoga di tahun akademik 2021/2022, banyak karya dosen dan mahasiswa yang dapat dipublikasikan baik dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, HKI, dan lain sebagainya dengan sistem pembelajaran berbasis produk (Outcomes Based Education) yangtelah diterapkan selama ini. (MRE)

Leave a Reply