Keren, Guna Mengembangkan Kreativitas Guru, HMJ PIAUD Sukses Gelar Seminar Gerak dan Lagu

Foto bersama saat acara Seminar Gerak dan Lagu yang diselenggarakan oleh HMJ PIAUD di aula STAI DR. KH. EZ. Muttaqien, pada hari Minggu (12/06/22).

Dalam upaya mengembangkan kreativitas guru Pendikan Anak Usia Dini (PAUD), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sukses menggelar seminar gerak dan lagu yang bertempat di aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KH. EZ. Muttaqien, Purwakarta, pada hari Minggu (12/06/22).

Kegiatan seminar gerak dan lagu tersebut mengusung tema yaitu “Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD Melalui Pelatihan Gerak dan Lagu”. Selain itu, kegiatan tersebut diikuti oleh 90 orang guru PAUD yang se-wilayah purwakarta.

Dalam kegiatan tersebut juga, dihadiri oleh beberapa tokoh internal kampus, diantaranya yaitu : Dr. Surya Hadi Dharma, M.Ud (Waka III Bidang Kemahasiswaan), Nurul Fauzia, M.Pd (Sekretaris Prodi PIAUD), Supriatna (Presiden Mahasiswa), Nur Aeni Mufthi (Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa). Selain itu, tentunya narasumber pada kegiatan seminar ini yaitu Annisa Purwani, M.Pd, yang merupakan salah satu dosen PIAUD di STAI DR. KH. EZ. Muttaqien.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut, Ketua Umum HMJ PIAUD, Almira Rahmatu Syahida, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang dirasa penting dan perlu, mengingat bahwa salah satu metode ajar yang dipakai oleh guru PAUD yaitu mengenai gerak dan lagu.

“Tentunya, salah satu aspek yang harus dikembangkan atau salah satu metode yang digunakan di PAUD adalah melalui gerak dan juga lagu. Oleh karena itu, seminar ini dirasa penting dan perlu diadakan dengan bertujuan untuk sebagai media atau wadah menambah atau meningkatkan upgrade ilmu kita mengenai dunia ke-PAUD an, mengenai tadi gerak dan lagu”, tutur Almira kepada kami.

Para peserta tengah melakukan kegiatan di sesi praktik pembuatan gerak dan lagu.

Kegiatan seminar gerak dan lagu yang diikuti oleh 90 peserta dari berbagai daerah juga sekolah PAUD se-Purwakarta, terhitung berjalan.  Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pelaksana, Khoerun Nisa, banyaknya para peserta yang mendaftar juga ketika saat mengikuti forum berjalan antusias. Selain itu, kecil kendala yang didapatkan hanya kendala teknis.

“Sejauh ini, pelaksanaan seminar pada hari ini berjalan dengan lancar, hanya sedikit kendala mengenai lagu mars STAI (kendala teknis)”, ucap Nisa.

Selain daripada itu, materi yang diberikan oleh narasumber merupakan materi yang menarik dan tentunya bermanfaat sehingga dapat di aplikasikan di sekolahnya masing-masing. Penyampaian materi yang menarik, seru dan interaktif, membuat para peserta di forum semakin antusias sehingga meninggalkan kesan dan pesan baik, salah satunya pesertanya yaitu Nabila Nurul Azmi “Kesan, asyik dan seru banget. Penyambutannya luar biasa, seneng bisa berpartisipasi untuk tampil dalam acara seminar gerak dan lagu. Pesan, semoga bermanfaat ilmu dari penyampaian acara seminar tadi, sering-sering buat acara yah, yang menarik juga meriah”, ungkap Nabila. {DMS}

Leave a Reply